Selasa, 04 April 2017

Mengenal Apa Itu Teknologi Informasi Komunikasi

Mengenal Apa Itu Teknologi Informasi Komunikasi

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang begitu cepat sehingga memberikan kemudahan kepada manusia untuk komunikasi dan mendapatkan informasi tanpa dibatasi waktu serta tempat. Semua aktivitas manusia selalu berhubungan sama peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di manapun berada.
Di rumah, berbagai alat elektronik tersedia misal : televisi, telepon, CD/DVD player, home theater dan play station sehingga mendominasi manusia memperoleh dan memberikan informasi. Di kantor, berbagai alat-alat pendukung tersedia seperti komputer, laptop, dan internet juga sangat mendominasi kerja manusia modern dalam menghasilkan sebuah informasi dan produk. Di Sekolah, sekarang telah masuknya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga berbagai peralatan pendukung seperti komputer, LCD Proyektor, kamera CCTV disediakan bahkan para pengajarnya sudah banyak yang menggunakan media laptop dan internet sebagai media interactive learning bagi peserta didiknya.
Selain itu, tidak lepas dalam keseharian kita di luar rumah, kantor maupun sekolah selalu menemui peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti telepon seluler, komputer mini (Pocket PC/PDA), dan MP3/Mp4 tidak ketinggalan melengkapi kemudahan aktivitas manusia.
Dengan melihat begitu pentingnya Teknologi Informasi Komunikasi bagi manusia, maka beberapa pengertian yang muncul untuk mendefinisikan apa sebenarnya Teknologi Informasi Komunikasi, definisi TIK dapat dijabarkan sebagai berikut :
  • Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.
  • Menurut Haag dan Keen (1996), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data.
  • Menurut Martin (1999), teknologi tak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan dalam pemrosesan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Menurut Williams dan Sawyer (2003), teknologi informasi adalah penggabungan komputasi yaitu komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi sering disingkat TIK atau ICT (information and communication technology). Ada juga yang menyebut dengan istilah “telematika” yaitu singkatan dari telekomunikasi dan informatika.
Sehingga secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar