Selasa, 04 April 2017

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2013


Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2013

Mengatur ukuran kertas pada program aplikasi Ms. Word 2013 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi 2010 atau dibawahnya. Untuk itu bagi pemula dalam menggunakan aplikasi ini, semoga cara yang disajikan ini bisa membantu. Perlu kita ketahui bahwa mengatur ukuran kertas bisa dilakukan sebelum atau setelah mengetikkan tulisan pada lembar kerja. Oleh sebab itu bagi yang sudah terlanjur mengetikkan karakter tidak perlu khawatir. Mungkin hanya perlu mengedit sedikit-sedikit saja untuk menyesuaikan lebar dan jarak masing-masing paragraf.
Sebelum mencetak hasil kerja tentu kita harus menyesuaikan ukuran kertas yang digunakan pada printer dengan ukuran lembar kerja pada program microsoft word 2013 ini. Misalnya kertas yang digunakan adalah ukuran A4, maka pengaturan di Word juga sebaiknya A4. Begitu juga jika kertas berukuran F4, maka pengaturan di Ms. Word juga harus F4. Hal ini dilakukan agar hasil kerja bisa lebih rapi, terutama dibagian margin. Nah berikut ini adalah cara mudahnya.
Cara mengatur ukuran kertas Ms. Word 2013

  • Buka tab Page layout.
  • Pada Orientation pilih potrait (tegak) atau landscape (mendatar).
  • Selanjutnya adalah bagian terpenting, yaitu ukuran kertas yang diinginkan, Pilih tab Size, kemudian pilih ukuran kertas yang diinginkan misalnya A4, legal atau letter.

mengatur ukuran kertas


  • Namun jika ingin ukuran kertas yang lain (belum ada didaftar size), Klik more paper size, maka akan muncul tampilan page setup kemudian pilih tab paper.

page setup

  • Pada kotak Width isikan lebar kertas, misalnya untuk F4 adalah 21,5 cm
  • Pada kotak Heigth isikan tinggi kertas, untuk F4 adalah 33 cm.
  • Setelah itu klik OK.

Pada pilihan custom, tentu kita bisa mengaturnya sesuai yang diinginkan. Biasanya pada dus kertas yang dibeli sudah tertera panjang dan lebarnya. Jadi tinggal kita sesuaikan saja dengan page setup di program pengolah kata Ms. Word ini. Sebagai tambahan jika ingin mengatur batas kertas dengan teks, cukup diatur pada tab margins. Selanjutnya jangan lupa baca juga Fungsi ikon tab layout pada Microsoft 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar