Selasa, 04 April 2017

Cara merawat baterai laptop

Cara merawat baterai laptop

Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet

Jangan biarkan sampai baterai laptop kosong (drop) hingga 0 %

Hal inilah sebenarnya salah satu penyebab utama kenapa baterai laptop susah dicharge kembali, meski sudah semalaman dicas ternyata baterai tidak mengisi, bahkan tetap 0 %. Jika hal ini sampai terjadi besar kemungkinan baterai akan soak. 

Usahakan tidak menjalankan aplikasi yang terlalu berat dalam waktu lama.

Menjalankan game berat, aplikasi design grafis, olah video dan sejenisnya. Membutuhkan konsumsi daya yang tinggi. Sehingga hal ini bisa mengakibatkan baterai atau komponen pada baterai cepat panas. Jika hal ini terus dibiarkan daya penyimpanan baterai akan berkurang, meskipun tidak secara langsung.

Jangan sering ganti-ganti charger laptop.

Seandainya kebutuhan daya yang dibutuhkan si laptop sesuai sebenarnya tidak masalah, namun jika berbeda merk/ brand. Maka hal ini tidak dianjurkan. Hal ini dimaksudkan agar baterai laptop tidak mengalami kelebihan maupun kekurangan daya. Misalnya pada laptop compak kebutuhan tegangan adalah 19 VDC 2,5 Ampere. Sementara Anda menggunakan cas laptop dell dengan tegangan 21 VDC 3A, maka kelebihan daya bisa saja terjadi. Dan hal ini bisa memicu kerusakan pada baterai. Jika laptop respon terhadap hal ini biasanya tidak mau ngecas. Artinya saat dicharger tidak jalan. Makanya selalu gunakan charger original untuk mengecasnya.

Jika laptop jarang dipakai, pastikan baterai selalu dalam keadaan full.

Laptop yang jarang digunakan, atau sering-sering disimpan saja. Paling tidak sebulan sekali dicas, Meski tidak dipakai baterai juga masih terkoneksi dengan motherboard laptop. Jadi masih ada sedikit aliran arus. Hal yang ditakutkan disini adalah jangan sampai baterai jadi 0 %. Makanya lakukan pengecasan juga meski jarang sekali dipakai.
Semoga keempat tips dan cara merawat baterai laptop diatas bisa memberikan dampak yang positif bagi Anda. Karena sebenarnya baterai pada laptop juga memiliki batas penggunaan (pemakaian) atau berapa kali pengisian. Sebagai pengguna kita hanya bisa berupaya agar ketahanan baterai bisa lebih lama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar