Selasa, 04 April 2017

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Tidak Berfungsi


Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Tidak Berfungsi

Memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi, bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab kerusakan pada keyboard laptop ini cukup bervariasi, diantara gejala kerusakan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi.
  2. Salah satu tombol keyboard menekan sendiri.
  3. Semua tombol keyboard tidak berfungsi
  4. Tombol keyboard copot atau lepas dari pengaitnya.
Dari beberapa gejala kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, Untuk itu berikut adalah penyebabnya
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Tidak Berfungsi

Penyebab keyboard Rusak atau Tidak Berfungsi

  • Jika salah satu keyboard atau beberapa saja yang tidak berfungsi bisa disebabkan karena jalur pada tombol keyboard ada yang putus atau adanya kotoran yang menempel dibawah tombol, selain itu bisa juga karena karet dibawah tombol sudah rusak.
  • Jika semua tombol tidak bisa berfungsi maka penyebab yang paling umum adalah karena tidak terkoneksinya keyboard dengan main board atau mesin laptop. Hal ini bisa juga karena kabel fleksibel putus atau socket keyboard rusak.
  • Untuk tombol yang sering menekan terus baik salah satu atau beberapa, ini berarti ada tombol yang lengket atau switch pada tombol terhubung terus. Selain itu adanya kotoran atau cairan juga bisa menyebabkan hal tersebut.
  • Sedangkan tombol keyboard yang copot penyebab paling umum adalah dari sipengguna sendiri, entah karena pernah dicongkel, terjatuh atau tidak sengaja copot.
Baca juga Penyebab hardisk laptop/ komputer rusak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Hal pertama adalah mengetahui jenis kerusakannya, Seperti yang sudah dibahas diatas seperti apa kerusakan yang terjadi pada keyboard tersebut. Jadi berikut ini adalah cara menanganinya.

Keyboard tidak berfungsi salah satu atau beberapa

Untuk mengatasi hal ini coba copot tombol yang terbuat dari plastik, pelan-pelan. Setelah terbuka maka akan anda lihat ada karet tombol yang tertutup rapi. Bersihkan kotoran yang menempel disekitarnya, kemudian coba ditekan langsung dalam posisi laptop aktif. Jika ditekan langsung masih belum juga berfungsi, Maka cobalah dengan memberikan cairan pembersih kemudian lap dengan kapas atau tisu kering yang halus. Mudah-mudahan masalah bisa teratasi.

Tombol Keyboard tidak berfungsi semua.

Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk mencopot keyboard dari laptop. Untuk caranya anda harus sangat berhati-hati dan jangan lupa matikan laptop dahulu. Biasanya untuk membukanya ada yang pakai baut namun ada juga yang dikaitkan saja dipinggir-pinggir keyboard. Setelah keyboard dibongkar, maka copot keyboard dari socketnya pelan-pelan. Selanjutnya bersihkan kabel fleksibel tersebut di bagian yang terhubung ke socket. Setelah itu coba pasang kembali dan coba untuk digunakan, jika belum bisa coba ulangi langkah tadi. Mudah- mudahan masalah teratasi. Kalaupun masih belum bisa, kemungkinan keyboard memang harus diganti karena rusak parah.
membuka keyboard laptop

Tombol Keyboard lengket atau menekan terus-menerus

Untuk mengatasi hal ini caranya sama seperti pada poin pertama, yaitu tentang tombol keyboard tidak berfungsi salah satu atau beberapa. Jadi bersihkan dibagian bawah tombol plastik. Jika masih belum bisa juga kemungkinan memang ada jalur yang short (konslet), namun diluar jangkauan tangan kita. Oleh sebab itu penangannya dengan mengganti keyboard yang baru.
Demikianlah sedikit share kali ini tentang cara memperbaiki keyboard laptop rusak. Mudah-mudahan sedikit share ini bermanfaat buat anda. Mudah-mudahan lain waktu jika menemui masalah lain tentang keyboard laptop, bisa saya perbaiki kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar